Advertisement 728x90

Rabu, 28 Januari 2015

Pulau Derawan


Kepulauan Derawan adalah kepulauan yang terletak di sebelah pulau timur Pulau Kalimantan termasuk dalam Kabupaten Berau. Kepulauan Derawan terdiri atas 6 pulau, antara lain Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, Pulau Panjang dan Pulau Semama. Kepulauan Derawan ini meminliki Obyek wisata bahari Kawasan Taman Laut Derawan. Kepulauan Derawan merupakan bagian dari Ekoregion Laut Sulu-Sulawesi yang melintasi Indonesia, Malaysia dan Filipina. Ekoregion ini terletak di pusat kawasan segitiga karang dunia dengan keanekaragaman hayati karang tertinggi di dunia. Segitiga Terumbu Karang ini disebut juga “The Coral Triangle” karena menjadi episenter kehidupan laut yang memiliki keragaman jenis biota laut. Terumbu karang kawasan ini mencakup 53% terumbu karang dunia. Bahkan berdasarkan penelitian yang dikembangkan, kepulauan Derawan merupakan salah satu multi countries feeding ground terpenting di dunia.

Pulau Derawan memiliki luas 44,60 ha. Di Pulau Derawan ini terdapat Derawan Dive Resort, Resort yang berstandar internasional dengan fasilitas cottage untuk menginap, fasilitas penyelaman, snorkeling, banana boat, kano, perahu layar, restoran, cafe dsb. Fasilitas lengkap inilah yang menambahkan kepuasan saat berlibur ke Pulau Derawan.

Selain itu ada juga hotel – hotel dan penginapan serta homestay dirumah penduduk yang biaya sewanya lebih murah. Fasilitas pendukung lainnya seperti rumah makan dan toko cinderamata juga cukup lengkap di pulau ini. Menikmati panorama laut dan pantai disertai dengan keramahan penduduk setempat (suku Bajau) merupakan daya tarik utama dari Pulau Derawan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar